Minggu, 06 Februari 2011

Terganggu Waktu Membaca Al quran


Oleh DR. H. Zainuddin. MZ, Lc. MA
1. Ta’awwud dan Mentafal
Apabila sewaktu membaca surat Al-Qur’an terasa diganggu oleh syetan maka disyari’atkan melaksanakan hal-hal berikut ini:
a. Membaca Ta’awwud
Macam-macam bacaan ta’awwud sudah diuraikan pada bab sebelumnya, yaitu “Bacaan Surat Al-Fatihah”.
b. Mentafal Tiga Kali
Setelah membaca ta’awwud dilanjutkan dengan mentafal ke arah kiri sebanyak tiga kali. Mentafal artinya mengeluarkan sedikit air ludah.
Hadis Nabi saw. yang diriwayatkan oleh Abu  Al-A’la ra.:
اِنَّ عُثْمَانَ بْنَ أَبِى الْعَاصِ أَتَى النًّبِىَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللَّهِ اِنَّ الشَّيْطَانَ حَالَ بَيْنَ صَلاَتِى وَ قِرَاءَتِى يَلْبِسُهَا عَلَىَّ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ذَكَ شَيطَانٌ يُقَالُ لَهُ خِنْزَبٌفَاِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْهُ وَ اتْفَلْ عَنْ يَسَارِكَ ثَلاَثًا. قَالَ: فَفَعَلْتُ ذَلِكَ فَأَذْهَبَهُ اللَّهُ عَنِّى
“Usman ibn Abi Asyh menghadap kepada Nabi saw. se­raya berkata: Wahai Nabi, terasa syetan berada di antara jiwaku dan shalatku sehingga membuat bacaanku selalu terganggu (bagaimana jalan keluarnya?). Maka Nabi saw. bersabda: Itulah ulah syetan yang disebut syetan Khinzab. Apabila anda merasa diganggu olehnya, maka bacalah ta’awwud dan mentafallah ke arah kiri sebanyak tiga kali. Ustman berkata: Kemudian saya praktikkan anjuran Nabi saw. tersebut, akhirnya Al­lah menghilangkan gangguan itu dari saya”. HR. Muslim dan Ahmad.
Imam Nawawi berkata: Hadis ini menerangkan bahwa ba­caan ta’awwud dan pentafalan ke arah kiri sebanyak tiga kali pada waktu terasa diganggu syetan hukumnya mustahab.
2. Amalan-Amalan Dalam Shalat
Kasus seperti inilah dari sekian contoh perilaku yang diijinkan untuk diamalkan pada waktu kita me­laksanakan shalat. Di sana masih banyak lagi hal hal yang diijinkan oleh shahibu syari’at yang biasanya terangkum dalam bab “al-A’malu fi shalat”. Perilaku-perilaku yang diijinkan selama dalam pelaksanaan shalat.
*****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar